21 April 2009

Film Review - March of Pinguins

March of Pinguins

Menonton film penguin sangat menyenangkan, walaupun memang kadang sedikit membosankan, karena keramaian kelas dan kebisingan yang dilakukan oleh teman-teman satu kelas. Walaupun tudak menonton film penguin sampai habis, tapi saya sangat menyukai cerita dari dosen saya yang pernah bercerita tentang film penguin tersebut.
Dari apa yang saya tonton dan apa yang saya dengar, saya dapat memberikan tangapan dan kesimpulan bahwa penguin itu adalah salah satu hewan jenis unggas yang dapat hidup di daerah bersuhu sampai dibawah nol derajat celcius. Sangat mengaggumkan sekali, karena tidak hanya dapat hidup didaerah yang sangat dingin tapi juga para penguin bisa terjun kekedalaman air kutub es yang sangat dingin bahkan dapat membuat kita, manusia membeku didalamnya. Memang sebuah keajaiban Tuhan yang luar biasa hebat!!
Penguin, adalah seekor hewan yang tidak dapat berbicra seperti layaknya kita manusia, tapi penguin dapat tetap berkomunikasi dengan para sesamanya melalui teriakan-teriakan yang merupakan kata sandi dari para kawanan penguin. Sangat lucu memang mendengar terikan mereka karena sekilas sangat mirip dan hampir sama, tidak ada bedanya sama sekali, tapi anehya para penguin sangat mengerti teriakan-teriakan itu. Itu adalah salah satu bukti bahwa penguin juga adalah mahluk hidup yang dapat berkomunikasi dengan caranya sendiri.
Penguin juga seperti mahluk hidup yang lain, yang juga mempunyai perassan dan hati nurani bahkan lebih kuat dari manusia sekalipun, mahluk yang mempunyia akal dan budi seperti kita. Penguin sangat senang kebersamaan, pada saat mereka berkumpul di satu tempat yang cukup besar, bersama-sama mencari pasangan mereka, ada yang langsung dapat mendapatkan pasangannya tapi ada juga yang tidak mendapat pasangan, yang tidak mendapatkan pasangan akan menjauh dari kerumunan para penguin dengan mimik muka yang sangat sedih, sungguh sangat kasihan melihat wajah lucu dan imut sedih seperti itu, tapi itulah kehidupan, setiap mahluk hidup diciptakan tidak sendiri tapi akan pasti mempunyai pasangan, tergantung hal itu akan terjadi sangat lama, atau sangat cepat diperoleh.
Pingiun juga sangat setia, walaupun para penguin punya wajah dan fisik yang sama perciis, tapi para pasangan dapat mengenali pasangannya dengan baik, itu juga yang membutikan bahwa pinguin sangat hebat, karena mereka bisa membedakan pasangan mereka dengan pasang penguin yang lain, mereka punya hati nurani yang dapat membedakan para penguin dari pasanagnnya itu, mereka punya ingatan yang sangat kuat untuk dapat mengelani pasangannya.
Disaat para pasangan penguin mempunyai seorang telur pinguin, untuk pertama kali telur penguin itu akan dijaga bersama oleh ayah dan ibunya, lalu intuk selanjutnya para ibu penguin akan pergi mencari makanan yang banyak yang akan dipergunakan untuk suami dan anak mereka dalam jangka waktu yang cukup lama mungkin 3-4 bulan. Makanan itu akan disimpan didalam paruhnya yang besar dan anehnya makanan itu tidak akan pernah basi, sehingga dapat tetap dinikmati untuk waktu yang lama.
Saat ibu pergi mencari makan, maka yang akan menjaga telur pinguin adalah sang ayah, yang harus terus menhangatkan telur tersebut sampai menetas dan lahir seekor bayi penguin kecil. Semenntara itu ibu penguin akan segera pulang saat ia sadar bahwa 2-3 hari lagi anaknya akan menetas itu adalah sebuah firasat dan sentuhan hati nurani yang pailing kuat dari seekor penguin karena ia dapat segera tahu bahwa bayinya akan segera menetas, dan butuh diberi makan agar tetap dapat bertahan hidup untuk melanjutkan hidup barunya didunia. Sementara ibu penguin yang yang tidak kunjung datang untuk memberi makan bayi mereka, maka bayi mereka akan segera mati, dakalm proses penetasan bayi [inguin memerlukan bantuan dari ayah dan ibu mereka.
Dalam perjalanan mereka mempuyai seorang pemimpin yang bertugas sebagai penuntun dan pengarah jalan penguin-pinguin yang lain. Para penguin dapat berjalan seirama dan sangat teratur, tapi apabila ada penguin yang lelah maka ia dapat meluncur, dengan menggunakan perutnya yang berwarna putih, sangat lucu sekali melihat mereka saat itu, sungguh sebuah tontonan yang sangat menyenagkan!!
Banyak hal yang kita dapat contoh dari kehidupan penguin, mereka akan tetap setia pada pasangan mereka, dan tidak akan pernah berganti pasangan dalam keadaan apapun, mereka saling menyayangi sesama keluarga dan sesama jenisnya, mereka punya sifat kebersamaan yang sangat kokoh, sehingga membuat mereka sangat kompak selalu, mereka punya ikatan batin, persaasn dan firasat yang sangat kuat, melebihi apapun, mereka punya hati nurani yang sangat luar bias hebat yang dapat membuat kehidupan mereka sangat berwarna walaupun yang terlihat hanya hitam dan putih. Mereka adalah mahluk hidup yang sealau luput dari kita, tetapi mereka dapat memberikan arti dan makna kehidupan yang begitu besar pada kita.
Tidak akan rugi menonton film Mach of penguin ini, karena penuh dengan kejutan dan warna serta kasih yang selalu menyelimuti kita setiap scene by scenenya. Jadi jangn lupa di tonton yah….!!!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar